Pengertian Listrik – Saat ini, hampir semua umat manusia di dunia menggantungkan berbagai macam aktivitasnya kepada tenaga listrik. Dari mulai penerangan sampai ke mesin – mesin produksi semuanya saat ini telah mengandalkan energi listrik sebagai sumber tenaga penggeraknya. Tanpa energi listrik, kehidupan manusia saat ini akan mengalami banyak kemunduran atau pun hambatan.

Energi listrik pada dasarnya merupakan salah satu bentuk energi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya energi – energi lainnya (dapat diubah menjadi dalam bentuk energi lainnya). Seperti yang kita ketahui bersama, energi memiliki sifat kekal dan hanya berubah bentuk saja (tidak akan musnah).

Definisi dan Pengertian Listrik

Pengertian listrik merupakan salah satu bentuk energi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk menjalankan berbagai macam alat – alat elektronik. Energi listrik dapat dihasilkan dari berbagai macam sumber energi lainnya seperti energi panas, energi gerak, dan bentuk – bentuk energi lainnya.

Dalam praktiknya, energi listrik sering dinyatakan dengan menggunakan besaran – besaran listrik tertentu seperti beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Besaran-besaran Listrik

  1. Tegangan Listrik

Tegangan listrik merupakan perbedaan potensial listrik yang terjadi pada dua titik yang ada dalam satu rangkaian listrik. Tegangan listrik biasanya dinyatakan dengan satuan volt dan dihitung atau pun diukur dengan menggunakan voltmeter.

  1. Hambatan Listrik

Hambatan listrik merupakan perbandingan tegangan suatu alat elektronik listrik dengan arus listrik yang melewatinya. Hambatan listrik biasanya dinyatakan dalam satuan ohm dan diukur dengan menggunakan ohmmeter.

  1. Arus Listrik

Arus listrik merupakan jumlah muatan listrik yang timbul dari pergerakan elektron – elektron dalam satu rangkaian listrik yang diukur dalam satu satuan waktu tertentu. Besaran arus listrik biasanya dinyatakan dengan menggunakan satuan amphere dan diukur dengan menggunakan ampheremeter.

  1. Gaya Gerak Listrik (GGL)

Gaya Gerak Listrik merupakan besarnya engergi listrik yang dapat diubah menjadi bukan listrik atau pun besaran energi lainnya yang dapat diubah menjadi energi listrik. Besarnya gaya gerak listrik biasanya dinyatakan dalam satuan volt dan diukur dengan menggunakan voltmeter.

  1. Kapasitansi

Kapasitansi merupakan takaran jumlah muatan listrik yang dapat dicadangkan sebagai potensial listrik yang jumlahnya telah ditentukan sebelumnya.

  1. Muatan Listrik

Muatan listrik merupakan muatan dasar yang dipunyai oleh sebuah benda mengandung listrik yang dapat membuatnya mengalami gaya tertentu terhadap benda listrik lainnya yang ada disekitarnya. Satuan muatan listrik biasanya dinyatakan dengan menggunakan satuan colomb.

  1. Induktansi

Induktansi merupakan sifat rangkaian elektronika yang dapat membuat timbulnya potensial listrik secara proporsional kepada arus listrik yang berada dalam rangkaian listrik tersebut. Besaran induktansi biasanya dinyatakan dengan menggunakan satuan internasional weber per ampere atau pun satuan henry.

Demikianlah sedikit informasi mengenai pengertian listrik dan besaran – besarannya yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!